Bagaimana Cara Rasulullah SAW Bisa Jarang Sekali Sakit?


Rasulullah SAW, teladan kita semua. Manusia yang Alloh ciptakan begitu sempurnanya. Beliau sempurna dalam segala hal, baik itu akhlak, spiritual, maupun fisiknya. Itu sebabnya Alloh jadikan beliau sebagai teladan, contoh buat kita-kita, seperti yang Alloh bilang dalam Al Ahzab ayat 21. Begini kata Allah :

 “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.”

Sebenarnya hidup ini simple yah, kita cukup tiru gaya hidup Rasulullah SAW, maka selamatlah hidup kita dunia dan akhirat. Selamatlah jiwa dan fisik kita.

Namuuuun sejatinya, godaan zaman membuatnya tidak semudah yang kita bayangkan *tepokjidatsendiri, saya juga tergoda oleh zaman yang menyuguhkan banyak kemudahan, terkadang tanpa mikir baik dan buruknya. Saya makan dengan sesuka hati, saya tidur jam berapa saja saya mau, entah itu dalam keadaan lapar atau kenyang. Saya bekerja sepuasnya, tanpa memperhatikan kesehatan, toh saat bekerja tubuh saya baik-baik saja. “I’m fine,” saat itu. Ternyata efeknya tidak langsung terasa, efek kerja rodi tubuh akan terasa disaat usia mulai menginjak 40 tahunan.

Sebenarnya bukan salah saya sepenuhnya sih *ngeles, minimnya pengetahuan (bukan hanya minim, tapi sebenarnya memang tidak tahu) akan gaya hidup Rasulullah, membuat saya hidup semaunya. Asal bisa bernafas ya sudah aman. Pyuuhhh… jangan ditiru yah. Asli efek dari gaya hidup asal-asalan itu baru terasa setelahnya. Setelah tubuh kita merasa kelelahan.

Belajar dari pengalaman hidup saya yang asal, tidak teratur, dan akibat minimnya pengetahuan, maka lahirlah blog sehat ala nabi ini. Saya ingin berbagi ilmu yang telat saya pelajari kepada teman-teman pembaca blog ini. Sama-sama mempelajari gaya hidup ala Rasulullah yang notabene jarang sekali sakit.

Tahu tidak, kalau Rasulullah sakit sepanjang hidupnya cuma dua kali. (Inget-inget saya sudah sakit lebih dari puluhan kali, entah itu flu, batuk-batuk, dari maag meningkat jadi asam lambung, merembet ke lever, sembelit bertahun-tahun, walaaah… itu yang ketahuan). Menyesal rasanya telah mempelajari gaya hidup beliau. Tetapi penuh harap, semoga kalian, para pembaca blog ini tidak telat menerapkan pola hidup sehat ala nabi kita yang keren ini.

Lalu bagaimana bisa Rasulullah jarang sekali sakit? Padahal kegiatan beliau seabrek-abrek kan. Dari memimpin perang, dakwah dari satu wilayah ke wilayah lain, yang jaraknya tidak dekat, penuh debu, hawa dingin, panas menyengat dan beraneka kondisi cuaca tanah Arab. Beliau juga berdagang, mengatur keluarga dan masyarakatnya, bahkan tak jarang beliau mencuci pakaiannya sendiri.

Rasulullah jarang sakit, karena beliau lebih memilih mencegah sakit daripada mengobatinya. Beliau mampu mencegah timbulnya penyakit. Upaya pencegahan Rasulullah terhadap penyakit ini banyak dituliskan dalam Al Qur’an dan Sunnah. Bahkan dalam shahih Bukhari ada kurang lebih 80 hadits yang menyebutkan cara-cara Rasulullah mencegah penyakit. Belum lagi dalam kitab-kitab shahih lainnya baik itu dari shahih Muslim, Ahmad, Thirmidzi, Abu Daud, dan lain-lainnya. Wah berarti, saya yang jarang baca terjemahan Al Qur’an dan kitab hadits. Kalau pun terbaca, sayanya yang mungkin kurang ngeh. Astaghfirullah. Makanya ni body sering sakit-sakitan. Andaaiiii saja saya ngeh dari dulu. Andaaaiii saja saya paham gaya hidup Rasulullah dari dulu. Andaaaiii… hmmm…. Tak ada kata terlambat untuk memperbaiki kekhilafan. Let’s do the best agar tubuh yang Alloh amanahkan ini terjaga kebugarannya, agar ibadah tanpa henti, tanpa mengeluh, tanpa terhadalang oleh rasa sakit.

Seperti yang Rasulullah bilang, bahwa:

“Orang muklum yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT daripada orang mukmin yang lemah. (HR. Muslim).

Itu artinya, Rasulullah pengeeen banget kita nih ummatnya tumbuh sehat dan kuat. Tinggal ikuti gaya hidup sehat ala nabi saja. Beres deh. 🙂 *

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*
Website