RESEP SARAPAN SEHAT ALA RASULULLAH SAW

Kebanyakan dari kita setiap harinya kebingungan mau sarapan apa? Bahkan ada yang mempersiapkan sarapan sejak malam hari, agar pada pagi hari tidak perlu repot-repot lagi memasak. Kebayang ya, betapa sibuknya kita dengan aktivitas menyiapkan sarapan untuk orang-orang tercinta.

Terkadang malah sebagian dari kita ada yang meniru sarapan ala selebritis, atau sarapan ala-ala negara tetangga. Sarapan dengan roti, bubur ayam, soto, nasi kuning, pecel, dan beragam jenis makanan sedap lainnya.

Namun pernahkah kita tahu bagaimana sarapan ala nabi Muhammad SAW? Manusia yang seharusnya kita teladani. Manusia yang dalam hidupnya jarang sekali sakit.

Rasulullah SAW menyederhanakan sarapan, agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Kenapa sarapan nabi sangat sederhana? Bukankah nabi itu orang kaya? Nabi bisa memilih makanan apa saja yang dia mau.

Memang benar Rasulullah bisa memilih apa saja untuk dimakan, akan tetapi Rasulullah lebih memilih makan-makanan yang menyehatkan tubuh. Bukankah kesehatan tubuh kita ini tergantung dari apa yang kita makan.

Mari kita lihat pola makan Nabi saat sarapan:

  • Rasulullah SAW mengawali pagi dengan minum-minuman yang manis.

“Minuman yang paling disukai Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam adalah minuman manis yang dingin.”(Diriwayatkan oleh Ibnu Abi `Umar, dari Sufyan, dari Ma’mar, dari Zuhairi, dari `Urwah, yang bersumber dari `Aisyah radiyallaahu ‘anha)

Minuman manis disini maksudnya air madu. Bukan sirup atau jus buah dengan aneka rasa lho ya :).

Pilihlah madu yang benar-benar jelas sanadnya. Maksudnya pilih madu asli yang benar-benar murni dan tahu asal-usul madu tersebut diproduksi. Jangan hanya berpatokan pada stiker HALAL tetapi juga perhatikan kebaikan (Thoyyib) madu tersebut. Ini juga perintah dari Allah dan Rasul dalam memilih apa-apa yang kita makan maupun kita pakai.

“Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (Al Qur’an, Surat Al Ma’idah : 88)  

Alloh juga bilang dalam surat cintanya tentang memakan hanya yang tidak hanya Halal tetapi juga Thoyyib di sini:

“Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” (Surat Al-Baqarah, Ayat 168)

Kembali pada kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang minum madu setiap pagi. Minum air madu dipagi hari atau saat menemani waktu tahajud sangatlah baik untuk reset enzym. Reset enzym sederhana inilah yang dilakukan Rasulullah setiap awal harinya.

Selain sebagai reset enzym, rajin mengkonsumsi madu juga menghindarkan kita dari serangan bakteri.

  • Lalu beliau sarapan dengan 7 butir kurma.

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR Al-Bukhari (no. 5769) dan Muslim (no. 2047) (155)), dari Shahabat Sa’ad bin Abu Waqqash)

Hasil gambar untuk seven palms fruit

Buah kurma selain mengenyangkan juga mengandung obat yang baik untuk kesehatan kita seperti yang dikatakan bunda Aisyah Ra ini:

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Sesungguhnya dalam kurma Ajwah yang berasal dari Aliyah arah kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed itu mengandung obat penawar atau ia merupakan obat penawar, dan ia merupakan obat penawar racun apabila dikonsumsi pada pagi hari” (HR. Muslim no. 2048 dari Aisyah)

Disamping itu kurma juga merupakan sumber energi yang baik dari alam dan sangat efektif untuk tubuh.

Kurma pun mengandung serat yang lebih banyak dibandingkan buah-buahan lain yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan kita.

Alloh SWT menjadikan buah kurma sebagai salah satu buah yang diberkahi dengan manfaat kurma yang begitu banyak.

Namun tetaplah berhati-hati dalam memilih kurma, pilihlah kurma yang segar, halal dan baik. Kurma selain bisa disantap langsung dari buahnya, bisa disantap dari sari kurmanya.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba sarapan sederhana.*

One thought on “RESEP SARAPAN SEHAT ALA RASULULLAH SAW

  1. Makanan itu sumber kehidupan manusia ya . Jadi memang harus dijaga kehalalan dan keberkahannya supaya manfaat ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*
Website